4 Dosen IAIA Samalanga Berkontribusi Menulis Buku Aceh 2021

BIREUEN I IAIA- Empat dosen IAI Al-Aziziyah Samalanga ikut berkontribusi dalam penulisan buku “Aceh 2021: Sumber Daya Alam dan Politik” yang diluncurkan di akhir tahun ini.

“Alhamdulillah, tahun ini ada empat dosen IAI Al-Aziziyah Samalanga yang menjadi penulis buku yang diterbitkan Bandar Publishing. Keempat dosen tersebut Dr. Tgk. Muhammad Aminullah, MA, Tgk. Mahmudi, MH, Tgk. Iswadi Arsyad, M. Sos dan Tgk. Helmi Abu Bakar, M. Pd,” kata Dr Tgk Riandi Syafri,MA selaku Humas IAI Al-Aziziyah Samalanga kepada media ini, Kamis, (31/12/2020).

Tgk Riandi mengatakan ini sebuah prestasi yang membanggakan dan adanya peningkatan dari tahun sebelumnya. Tentunya ini tidak terlepas dari peran dan motivasi LPM IAIA Samalanga.

“Tahun 2019 kemarin hanya Dr. Tgk Muhammad Aminullah,MA yang berkontribusi dalam penulisan buku akhir tahun, namun berkat dorongan dan bantuannya selaku Ketua LPM IAIA Samalanga, tahun ini ada penambahan tiga dosen yang berkontribusi dalam penulisan buku tersebut,” sambungnya.

Sementara itu Tgk Muhammad Aminullah juga menyebutkan sebuah kebanggaan dengan prestasi ini dan hendaknya kedepannya semakin banyak lagi dosen IAI Al-Aziziyah Samalanga bisa berkontribusi.

“Berkat bantuan dan dukungan semua pihak serta terobosan yang dilakukan LPM IAIA Samalanga dalam pelatihan dan pembinaan penulisan karya ilmiah kepada dosen IAIA Samalanga, tentunya ada peningkatan jumlah penulis yang berasal dari kampus yang di nakhodai Ayah Kuta Glee (Dr. Tgk. Muntasir A Kadir,MA) dalam penulisan buku tersebut,” ungkapnya yang sudah lama menjabat sebagai ketua LPM IAIA Samalanga itu.

.Informasi yang diterima media ini menyebutkan bahwa buku Aceh 2021: Sumber Daya Alam dan Politik. Rencananya, buku tersebut akan diluncurkan bosok, pukul 9 pagi, Kamis 31 Deember 2020 di R&R Coffee Lamgugob, Banda Aceh.

“Setelah melalui tahapan proses penulisan dan penerbitan. Rencanya sebagai tutup tahun 2020, kami akan meluncurkan buku Aceh 2021 besok di cafee samping kantor kami di Lamgugob” Ujar Masyitah, Manager Bandar Publishing

Pada waktu peluncuran akan hadir para penulisnya untuk memberi orasi tentang pemikirannya. Sekaligus akan menerima buku dari penerbit. Hadir juga Dr Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, yang menulis kata pengantar buku Aceh 2021 ini.

“Buku Aceh 2021 ditulis oleh 18 orang penulis.Tema tulisan telah dibagi menjadi empat bagian oleh editor Dr Sulaiman Tripa dan Mukhlisuddin Ilyas, yang terdiri terdiri dari bagian konsep sumber daya alam, realitas politik sumber daya alam, kebijakan sumber daya alam di Aceh dan praktis dinamika sumber alam dan politik di Aceh” Tambah Nurmasyitah.

Menurut Nurmasyitah, proses penerbitan buku Aceh 2021 didukung Bandar Publishing, sedangkan percetakan didukung oleh yayasanhurriah.org. Menurutnya, pergantian tahun baru dengan penulisan dan peluncuran buku perlu dilanjutkan sebagai sebuah tradisi bersama.

Sebagaimana diketahui,sebelumnya buku Aceh 2020 juga telah diluncurkan pada tanggal 31 Desember 2019. Jauh sebelum itu, sejumlah akademisi di sejumlah kampus di Darussalam Banda Aceh telah memulai melewati jelang tahun baru dengan menulis buku bersama.

Spesifikasi Buku;
Judul: Aceh 2021; SDA dan Politik.
Penulis: Affan Ramli, dkk.
Editor: Sulaiman Tripa, dkk.
Pengantar: Dr Kamaruzzaman Bustamam Ahmad.
Ukuran: 14×20 cm
Halaman: xxviii + 376
Penerbit: Bandar Publishing
Cetak: Percetakan Bandar Lamgugob