IAI Al-Aziziyah Samalanga Kembali Membuka Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru

BIREUEN I IAIA-Era Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih belum reda, namun tahun ini Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga, Bireuen kembali membuka pendaftaran calon mahasiswa/i baru Tahun Akademik 2021/2022.

“Alhamdulillah, tahun ini meskipun masih belum redanya Pandemi Covid-19, penerimaan mahasiswa/i baru tetap dibuka dengan Prodi unggulan Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Prodi Hukum Keluarga Islam, Prodi Ekonomi Syariah, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam,” kata Dr. Tgk. Riandi Syafri, MA selaku Kabag Humas IAIA Samalanga, Sabtu, (6/3/2021).

Sosok yang juga Kepala SMPS Islam Jami’ah Al-Aziziyah itu menambahkan, pendaftaran tahun ini dibuka dalam dua gelombang. Gelombang Pertama mulai 6 Maret 2021 sampai 8 April 2021 dan Gelombang Kedua mulai 22 Mei 2021 sampai 5 Juli 2021, waktu pendaftaran mulai Pukul 10.00 sampai pukul 17.30 WIB. Sementara itu dokumen yang perlu disiapkan saat pendaftaran juga harus disertakan juga.

“Para calon mahasiswa baru harus membawa foto copy ijazah/SKHU SMA/MA/Dayah sederajat 2 lembar yang telah terlegalisir, sedangkan hal lainnya bisa ditanyakan kepada panitia ,” ujarnya yang juga guru senior Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Kuta Glee Batee Iliek Samalanga itu.

Selanjutnya, Tgk. Karimuddin, MA selaku Ketua Panitia penerimaan mahasiswa baru IAIA Samalanga menambahkan, selain foto copy ijazah calon mahasiswa baru juga harus membawakan pasphoto latar warna ukuran 3×4 dan 2×3 sejumlah masing masing 3 Lembar bagi mahasiswi pasphoto dengan memakai jilbab, foto copy Kartu Keluarga (KK) 2 lembar dan Materai satu lembar.

Tgk. Karimuddin atau yang akrab disapa dengan Abi Karimuddin menyebutkan rencana awal pendaftaran calon mahasiswa baru dengan sistem online namun karena beralihnya status Bank BRI Syariah menjadi BSI, maka mengakibatkan belum tersedianya sistem Pembayaran Virtual Account untuk pembayaran biaya pendaftaran melalui Bank. Oleh karena itu pendaftaran mahasiswa baru dilakukan dengan cara mengambil formulir langsung ke ruang pendaftaran di Kampus I (Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga) dan Kampus II (Dayah Jamiah Al-Aziziyah Batee Iliek Samalanga). Untuk informasi bagian pendaftaran bisa menghubungi Tgk. Nainunis, MA (085277521982), lanjut beliau.

“Untuk menginformasikan pendaftaran dilakukan dengan cara mengambil formulir langsung ke Kampus sudah disosialisasikan oleh tim sosialisasi yang ditangani oleh Ustz. Fakhrurradhi, M.Ag dan Ustz. Amiruddin, MA, dan kita juga telah menginformasikan melalui situs https://iaialaziziyah.ac.id/pmb-iaialaziziyah-ac-id/ dan media sosial,” lanjutnya yang merupakan kandidat doktor UIN Ar-Raniry Banda Aceh itu.

Terakhir Tgk. Karimuddin berharap dengan pengembangan sarana pendidikan dan pembelajaran yang sangat meningkat semoga calon mahasiswa tahun ini juga bisa meningkat dari tahun sebelumnya.

“Tentunya dengan kerjasama seluruh elemen panitia penerimaan mahasiswa baru IAI Al-Azizyah Samalanga juga partisipasi masyarakat, alumni dan pengguna lulusan semoga mahasiswa baru tahun ini bisa meningkat dari tahun sebelumnya, dan tentunya pelayanan dan fasilitas pembelajaran menjadi perhatian yang number one bagi kami untuk kenyamanan peserta didik,” tutupnya.