Raih Akreditasi B Prodi Ekos, IAIA Samalanga Bersiap Menuju Universitas Al-Aziziyah

IAIA- BIREUEN– Akhirnya setelah “jihad” dengan beragam tantangan, meskipun di tengah suasana Pandemi Covid-19, Prodi Ekonomi Syari’ah (Ekos) IAI Al-Aziziyah akhirnya secara resmi berhasil mendapatkan pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan akreditasi B.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Dr. Tgk. Saiful Bahri, MA selaku koordinator akreditasi Borang Ekos, sosok yang akrab disapa Abana Sampoiniet menyebutkan awal bulan Maret ini, IAI Al-Aziziyah Samalanga berhasil meraih Prodi Ekos raih akreditasi “B” dari BAN-PT.”Pasca melewati perjuangan panjang, Alhamdulillah, akhirnya Prodi EkosIAIA Samalanga berhasil meraih akreditasi B dengan nilai 345 berdasarkan keputusan BAN-PT No. 1312/SK/BAN-PT/Akred/S/llI/2021,” katanya yang juga Dekan FDK IAIA Samalanga kepada media ini, Rabu, (10/3/2021).

Selanjutnya, dosen senior dan guru DJA Kuta Glee Batee Iliek itu menambahkan bahwa Program Studi Ekonomi Syari’ah yang telah terakreditasi ini sebagaimana biasanya berlaku hingga lima tahun (2021-2026) kedepannya dan berharap Prodi Ekos kedepannya bisa meraih akreditasi dengan nilai terbaik.”Mekanisme yang berlaku nilai B masa berlakunya lima tahun. Selanjutnya pasca proses dan aturan yang berlaku bisa melakukan perubahan dari B ke nilai”Baik Sekali” dan ini berlaku 25 tahun. Apabila ingin memperoleh nilai berlevel “Unggul” bisa mengajukan instrumen akreditasi ke BAN PT,” paparnya.

Sementara itu Ketua Prodi Ekos IAI Al-Aziziyah Samalanga Tgk Fakhrurradhi, M.Ag mengatakan sangat berterima kasih kepada semua pihak terutama koordinator akreditasi Borang Ekos IAIA Samalanga yang telah berusah payah berjuang untuk meraih akreditasi B Prodi Ekos IAIA Samalanga tahun ini. ” Alhamdulillah berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak jihad di era pandemi Covid-19 dengan penuh tantangan dan berliku, Akhirnya Prodi Ekos IAIA Samalanga mampu mempertahankan akreditasi B yang sebelumnya pernah diraihnya,” ungkapnya yang juga kandidat doktor UINSU itu.

Selanjutnya, Humas IAIA Samalanga Dr. Tgk. Riandi Syafri, MA menyebutkan sangat bersyukur atas prestasi yang diraih prodi Ekonomi Syari’ah sebelumnya beberapa prodi IAIA Samalanga juga meraih akreditasi dengan nilai yang sangat membanggakan dengan enam Prodi berakreditasi B dari tujuh Prodi, sedangkan sisanya satu Prodi terakreditasi “Baik” sedang menunggu proses reakreditasi.

Sosok yang akrab disapa URS dan guru senior DJA Kuta Glee Batee Iliek itu menyampaikan akreditasi merupakan sebuah pengakuan bagi program studi dari BAN-PT. Bagi kampus, akreditasi merupakan sebuah pencapaian terhadap peningkatan kualitas Tri Dharma perguruan tinggi.

“ Akreditasi menjadi sebuah aset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi. Akreditasi B yang diperoleh Prodi Ekos bersama sejumlah Prodi lainnya di IAIA Samalanga, ini juga dapat menjadi tolak ukur bagi stakeholder atau pengguna produk program perguruan tiggi untuk memastikan lulusan tersebut layak. Selain itu akreditasi juga untuk membantu perguruan tinggi untuk melakukan penjaminan mutu sebagai pertanggungjawaban publik. Juga menjadi pendukung baik untuk penerimaan mahasiswa baru maupun program peralihan status lahirnya Universitas al-Aziziyah di Samalanga,” ungkapnya yang juga Pimpinan Dayah Serambi Mekkah Al-Aziziyah Jambi