PMI IAIA Samalanga Prodi Perdana di PTKIS Aceh Raih Akreditasi Baik

IAIAI BIREUEN – Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IAI Al-Aziziyah Samalanga meskipun sebagai prodi baru di kampus tersebut, akhirnya pasca perjuangan dan kekompakan tim akreditasi dan kerjasama semua pihak berhasil meraih akreditasi baik.

“Alhamdulillah, Prodi PMI IAI Al-Aziziyah Samalanga sebagai prodi pertama di kampus Islam swasta di Aceh, hasil kerjasama dan kekompakan tim akreditasi dan civitas akademika kampus tersebut, tahun ini berhasil meraih peringkat akreditasi baik. Saat ini, Aceh ada tiga kampus Prodi PMI, dua di kampus negeri (UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh) dan satu-satunya kampus swasta di IAIA Samalanga,” ungkap Tgk Mursalin selaku Kabag Humas IAI Al-Aziziyah Samalanga dalam siaran persnya kepada media ini, Rabu, (7/7)

Tgk. Mursalin menyebutkan sebelumnya PMI IAI Al-Aziziyah Samalanga telah dilakukan asesmen lapangan secara daring oleh BAN PT dengan menghadirkan dua asesor masing-masing adalah Dr. Ilyas Supena, M. Ag dari UIN Walisongo Semarang dan Dr. H. Nawari Ismail, M.Ag. dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sementara itu Dr. Tgk. Saiful Bahri, MA selaku ketua tim akreditasi PMI menyebutkan merasa bangga atas prestasi yang diraih PMI IAI Al-Aziziyah Samalanga dan ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan baik dari kalangan kampus maupun pihak lainnya yang berkontribusi meraih akreditasi baik.

“Keberhasilan PMI IAI Al-Aziziyah Samalanga dengan nilai baik. Pencapaian prestasi PMI IAIA Samalanga meskipun kampus swasta mampu bersaing dengan kampus negeri di berbagai daerah di Indonesia yang kebetulan waktunya hasil akreditasi yang dikeluarkan BAN PT bersamaan. Diantaranya PMI IAIN Kudus, Jawa Tengah PMI IAIN Pare-Pare Sulawesi Selatan,” ungkapnya yang juga Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK)

Sosok yang akrab disapa Abana menambahkan akreditasi PMI IAI Al-Aziziyah Samalanga dengan dengan menggunakan instrumen 9 kriteria atau APS 4.0 tentunya banyak hal dan syarat yang harus dipenuhi namun sekali lagi kebersamaan dan kekompakan menjadi kunci keberhasilan ini.

Pada kesempatan yang lainnya, Rektor IAIA Samalanga Dr. Tgk. Muntasir A Kadir,MA dengan keberhasilan PMI IAI Al-Aziziyah Samalanga meraih nilai baik memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada tim akdreditasi atas pencapaian prodi PMI.

“Kami sangat bangga atas pencapaian akreditasi PMI meskipun prodi baru namun semangat untuk maju dan berkembang menjadi motivator prodi ini khususnya dan IAIA Samalanga umumnya. Juga berterimakasih kepada tim akreditasi yang telah bekerja dalam menyiapkan dokumen serta kekompakan tim yang tidak mengenal lelah demi mengejar prestasi yang gemilang dalam bersaing dikancah dunia pendidikan untuk terus berusaha meraih mimpi menjadi PMI sebagai Prodi yang unggul dan kompetitif dalam melahirkan alumni kedepan,” pintanya yang juga Pimpinan Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Kuta Glee Batee Iliek.