Jurnal Al-Fikrah IAI Al-Aziziyah, Terpilih Ikut Shortcouse Akreditasi Jurnal

IAI Al-Aziziyah- Jurnal Al-Fikrah yang diterbitkan oleh IAI Al-Aziziyah dinyatakan sebagai salah satu jurnal yang akan bergabung pada shortcourse akreditasi jurnal. Shortcourse akreditasi jurnal merupakan program yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Program ini ditujukan untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) baik negeri maupun swasta.

Peserta yang terpilih sebanyak 350 orang dari 175 jurnal yang terbagi ke dalam shortcourse Pendampingan Akreditasi Jurnal (PJA) sebanyak 200 orang dari 100 jurnal dan shortcourse Jurnal Internasional Bereputasi (Scopus) dan Sinta 1 (JIBS) sebanyak 150 orang dari 75 jurnal. Adanya program ini diharapkan dapat mempercepat akreditasi jurnal yang belum terakreditasi dan meningkatkan rangking serta menuju jurnal internasional bereputasi (Scopus).

Dr. T. Faizin, M. Kom.I selaku Editor in Chief dari jurnal Al-Fikrah mengungkapkan rasa syukurnya. “Alhamdulillah, eksistensi jurnal kami sebenarnya sudah dimulai sejak 2010 secara cetak dan baru sekali terbit secara online. Kami dari tim jurnal Al-Fikrah sangat bersyukur dapat diikutkan dalam shortcourse ini sehingga nantinya diharapkan jurnal Al-Fikrah berkualitas dan terakreditasi. Kita berusaha memberikan kontribusi pada institusi secara maksimal,” ucapnya saat diwawancarai via WhatsApp, Sabtu (19/09/2020).

Dr. T.Faizin juga mengungkapkan 2 dari tim pengelola jurnal Al-fikrah yakni Editor in Chief beliau sendiri dan IT and Design Amiruddin MA akan mewakili untuk mengikuti shortcourse ini secara daring selama 12 kali pertemuan.

“Kami dari tim jurnal selalu ‘haus’ akan ilmu dan kami akan terus berusaha mengembangkan jurnal yang berkualitas dan terakreditasi,” ucap Amiruddin yang juga Ketua Program Studi (Prodi) MPI IAI Al-Aziziyah.

Al-Fikrah jurnal hukum, pendidikan dan dakwah Islam menjadi wadah untuk menumbuhkan kreativitas dan pertukaran gagasan di antara para akademisi, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati masalah pendidikan, sosial dan budaya baik dalam pengembangan teori, implementasi maupun pengembangan sistem pendidikan sosial dan budaya. Jurnal Al-Fikrah ini tidak hanya memuat tulisan dari kalangan akademisi IAI Al-Aziziyah saja tetapi juga memuat tulisan akademisi dari luar IAI Al-Aziziyah.

Download-Pengumuman-Peserta-Shortcourse-Kemenag