LPM IAIA Samalanga Gelar Pelatihan Penulisan Jurnal Nasional Terakreditasi dan Internasional Bereputasi

BIREUEN I IAIA- IAI Al-Aziziyah Samalanga menggelar pelatihan penulisan jurnal kepada dosen setempat untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan seputar penulisan jurnal yang digelar di Aula Kampus setempat, Selasa, (8/12/2020).

Ketua Pelaksana Dr. Tgk Muhammad Aminullah, MA menuturkan kegiatan tersebut sebagai upaya dalam peningkatan pengetahuan dosen terhadap literasi publikasi.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini keterampilan mereka dalam mengembangkan artikel ilmiah terasah sehingga publikasi (jurnal) bisa dibaca dan dirujuk oleh kalangan luas,” paparnya yang merupakan Ketua LPM IAIA Samalanga.

Tgk Muhammad Aminullah yang juga Pakar Alamtologi itu menjelaskan bahwa dalam menulis jurnal kita harus memahami tahapan-tahapannya, mulai dari persiapan penulisan, petunjuk penulisan yang harus disesuaikan dengan standar jurnal minimal sinta 2. Juga bagaimana format penulisannya (guideline) yang harus disesuaikan, dengan banyak melihat artikel-artikel yang sudah pernah diterbitkan.

” Kemudian penyusunan jurnal sesuai format umum artikel yaitu Judul, abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka. Setelah kegiatan pelatihan seperti ini diharapkan jumlah dosen menulis jurnal lebih meningkat lagi,” pungkasnya yang merupakan doktor perdana lulusan IAI Al-Aziziyah Samalanga itu.

Terakhir putra kelahiran Pidie itu yang juga dosen di Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh itu berharap melalui pelatihan ini diharapkan seluruh dosen mampu menulis artikel sehingga dapat terpublikasi pada Jurnal Nasional maupun internasional.