Asesmen Lapangan Online BAN PT Berjalan Lancar, Ini Harapan Kaprodi Ekos IAIA Samalanga

IAIA I BIREUEN- Program Studi Ekonomi Syariah IAI Al-Aziziyah Samalanga Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Kabupaten Bireuen telah menjalani proses akreditasi. Proses asesmen lapangan berlangsung online yang berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis, (3 dan 4 Maret 2021).

Kabag Humas IAIA Samalanga Dr. Tgk. Riandi Syafri, MA menjelaskan bahwa visitasi ini merupakan hal yang sangat penting dilaksanakan di Prodi Ekonomi Syari’ah guna untuk perbaikan secara terus menerus.

“Pasalnya, dalam proses asesmen tentu akan ada banyak masukan untuk segera ditindak lanjuti untuk mendukung dan meningkatkan layanan bagi mahasiswa. Alhamdulillah proses asesmen lapangan yang dilakukan secara daring selama dua hari berjalan lancar dan berharap mampu membawa kemajuan untuk Prodi Ekonomi Syari’ah secara khusus dan FKEI umumnya kedepan,” harapnya yang juga guru senior Dayah Jami’ah Al-Aziziyah Kuta Glee itu.

Sementara itu, menurut Tgk. Riandi Rektor IAIA Samalanga Dr. Tgk. Muntasir A. Kadir, MA dalam sambutannya menegaskan, Prodi Ekonomi Syari’ah ini menjadi sangat penting untuk kepentingan bersama dalam mewujudkan kampus yang ideal.

Lanjut Rektor yang sering disapa Ayah Kuta Glee itu, sudah banyak menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga, bahkan ada beberapa bank yang sudah diisi alumni Ekos IAIA Samalanga. “Eksitensi Ekonomi Syariah (S1) dibutuhkan oleh masyarakat, terutama mengelolah ekonomi sesuai ajaran Islam,” terangnya.

Ketua Prodi Ekonomi Syari’ah IAI Al-Aziziyah Samalanga Tgk Fakhrurradhi, MA mengatakan acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dibuka langsung oleh Rektor IAIA Samalanga Dr. Tgk. Muntasir A Kadir, MA) dan dihadiri oleh para Wakil Rektor, Ketua LPM IAIA Samalanga dan jajarannya, Dekan FSEI IAIA Samalanga dan jajarannya serta tamu undangan lainnya.

” Para asesor BAN PT yaitu Asesor Prof. Dr. Yadi Janwari, MA dan Dr. Ahmad Syarif Iskandar, MM., terlihat sangat puas dengan konfirmasi yang didapatkan melalui wawancara secara daring atas borang 3A dan 3B. Namun demikian ada beberapa masukan yang disampaikan para asesor pada hari pertama untuk perbaikan,” ungkapnya yang juga kandidat doktor UINSU itu

Putra kelahiran Pidie itu mengatakan pada hari kedua asesor melakukan konfirmasi dan tanya jawab dengan beberapa dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan dari unsur pengguna lulusan. Selanjutnya masukan dari dosen, mahasiswa dan penggunan lulusan disampaikan kepada pimpinan fakultas untuk perbaikan.

” Kelulusan ekonomi ada 3 profil kelulusan yaitu menjadi Analis ekonomi, perencana pembangunan ekonomi lembaga keuangan bank dan non bank juga enterpreneurchip. Di samping itu juga para user/pihak pengguna begitu puas apalagi hal etika/integritas mahasiswa yg telah bekerja. Itulah manfaat kuliah sambil mondok jujur itu di terapkan di bangku mengaji. Persoalan aqat transaksi juga luar biasa kepemahamanya. Diantara menjadi user Baitul Mal Bireun Bapak Hamdani, Koperasi Masyarakat Aceh Malaysia Datuk Mansur bin Usman,Bank Syariah Indonesia Samalanga Bapak Fajri SE, PT. RATANA Group Bapak Riyandi Syafri. Bahkan diantara alumni Ekos yang sudah bekerja di dunia perbankan yaitu M hidayat dan M kamal,” lanjutnya.

Terakhir Ketua Prodi Ekonomi Syari’ah IAI Al-Aziziyah Samalanga Tgk Fakhrurradhi, MA acara tersebut berlangsung dengan lancar dan tidak ada kendala.

” Tentunya ini berkat dukungan dan kerjasama semua pihak terutama panitia akreditasi Prodi Ekos yang dinakhodai Abana Sampoeniet (Dr. Tgk Saiful Bahri, MA) dan berharap Prodi Ekos IAIA Samalanga mampu meraih akreditasi A tahun ini,” pintanya.