BAN PT Melakukan Asesmen Lapangan Daring Akreditasi Institusi IAI Al-Aziziyah Samalanga

BIREUEN I IAIA- Badan akreditasi nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan asesmen lapangan (AL) secara daring terhadap IAI Al-Aziziyah Samalanga selama dua hari, Jum’at-Sabtu, (4-5 Juni 2021).

Hal ini sebagaimana diungkapkan Humas IAI Al-Aziziyah Samalanga Dr. Tgk. Riandi Syafri, MA dalam asesmen lapangan (AL) daring terhadap institusi IAI Al-Aziziyah Samalanga BAN-PT menugaskan tim asesor yang terdiri dari tiga orang.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Asesmen Lapangan (Al) BAN PT terhadap kampus IAI Al-Aziziyah Samalanga berjalan lancar dan sukses selama dua hari (4-5/6) sedangkan
Asesor tiga orang masing-masing Dr. Atiyatul Ulya, M. Ag (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Prof. Dr. Anna Permanasari, M. Si (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Prof.Dr. Eko Sri Margianti, SE, MM (Rektor Universitas Gunadarma), ” katanya yang merupakan Doktor lulusan UIN Sumatera Utara itu.

Sementara itu Koordinator Tim Borang Akreditasi Institusi IAI Al-Aziziyah Samalanga tahun ini disampingDr. Tgk Saiful Bahri, MA, juga peran Dr. Tgk Muhammad Aminullah, MA dan beberapa rekan lainnya bekerja ekstra dalam Asesmen Lapangan kali ini.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Dr Tgk Saiful Bahri, MA menyebutkan dalam Asesmen Lapangan secara daring di tengah Pandemi Covid-19 ini terdapat beberapa hal yang menjadi penilaian tim asesor diantaranya terkait kebijakan makro pengembangan institusi, sistem tatapamong, sistem pengelolaan, capaian institusi yang dilaporkan, dan rencana pengembangan perguruan tinggi dan beberapa hal lainnya.

“BAN PT dalam Asesmen Lapangan kali ini Instrumen yang digunakan dalam akreditasi ini adalah Instrumen AIPT3.0 atau sudah menggunakan instrumen akreditasi 9 Kriteria,” ungkapnya kepada media ini, Senin, (7/6/2021)

Tgk. Saiful yang akrab disapa Abana menyebutkan Asesmen Lapangan (AL) di era Pandemi Covid-19 tahun ini dalam suasana bulan Syawal (Idulfitri) merupakan yang pertama meskipun banyak kendala dan rintangan dalam penyusunan Borang, namun alhamdulilah berkat bantuan dan dukungan semua pihak akhirnya penyusunan Borang dapat disempurnakan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

.
Sementara itu Rektor IAI Al-Aziziyah Samalanga Dr. Tgk. Muntasir A. Kadir, MA berharap hasil dari asesmen lapangan (Al) secara daring institusi IAI Al-Aziziyah Samalanga mampu meraih nilai yang terbaik nantinya.

“Kami sangat berterima kasih kepada tiga Asesor yang telah melakukan Asesmen Lapangan institusi IAI Al-Aziziyah Samalanga bisa berhasil secara virtual di kampus ini dan juga mengajar kami banyak hal demi perbaikan akreditasi kampus. Berharap berkah bulan Syawal yang mulia ini apa yang telah dilakukan secara bersama-sama sejak persiapan berkas dan lainnya beberapa bulan yang silam bernilai pahala dan semoga hasil asesmen lapangan daring institusi IAIA Samalanga bernilai lebih baik dari sebelumnya,” tutupnya yang juga Pimpinan Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek